Juli 2017 BRT Kedungsepur Beroperasi Bawen-Semarang

Terminal Bawen  Kab Semarang, Jawa Tengah berjarak sekitar  1 km dari exit tol Bawen. Bulan Juli 2017 direncanakan akan ada layanan Bus Rapit Transit (BRT)  Aglomerasi Bawen- Semarang yg diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah.

“Bus BRT Kedungsepur itu mendapat  subsidi dalam komponen tarif kisaran Rp 5.000 per orang. Anglomerasi itu headway setiap  10 menit sesuai  standard pelayanan minimum (SPM),” kata Kepala Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno, ST, MT kepada Beritatrans.com, Minggu (16/4/2017).

Dikatakan, untuk melayani BRT Bawen-Semarang tersebut, kini bus sedang dipesan dan dibuat di salah satu karoseri di Magelang, Jawa Tengah.

“Kelebihannya (BRT Anglomerasi Kedungsepur) akan dioperasikan oleh koperasi yang merupakan kumpulan pengusaha angkutan umum di jalur yang sama,” jelas Djoko.

Jadi, menurut akademisi senior itu,   mereka operator BRT bukan pengusaha baru.  “Diharapkan dengan beroperasinya BRT Aglomerasi Kedungsepur tidak ada penolakan dari pengusaha eksisting,” kilah Djoko.

Terminal Bawen tidak harus semua seramai Tirtonadi di Surakarta. Yang penting dapat memberikan pelayanan terbaik buat penggunanya.

“Yaitu pelayanan yang selamat, aman dan nyaman sudah lumayan,” sebut Ketua MTI Jawa Tengah itu.

Selanjutnya, toilet gratis dan bersih. “Dan yang lebih penting lagi adalah bebas preman,” tegas Djoko.


Sumber: http://beritatrans.com/2017/04/16/juli-2017-brt-kedungsepur-beroperasi-bawen-semarang/