10 Gardu Tiket Disiapkan Layani Pemudik di Tol Pejagan-Pemalang

Ruas jalan tol Pejagan-Pemalang Seksi III dan IV, dari Brebes Timur-Pemalang, sudah siap secara fungsional dilalui pemudik pada mudik Lebaran tahun ini. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimistis jalan bebas hambatan dapat digunakan pemudik hingga Weleri, Kendal.

Namun, dia masih berharap titik akhir jalur tol mudik bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang. Di ruas Pejagan-Pemalang, bakal tersedia 10 gardu tol bagi kendaraan yang akan menggunakan jalur tol darurat tersebut.

"Gardu tol itu ditempatkan di dekat pintu keluar tol Brebes Timur, tepatnya di Desa Kaligangsa," kata Kepala Cabang Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Zulmarlian Iskandar, Senin (22/5/2017).

Menurutnya, 10 gardu pintu tol itu diperkirakan bisa melayani 70 ribu kendaraan pemudik per hari. Terutama pemudik yang akan melanjutkan perjalanan dari Brebes Timur ke Pemalang, Pekalongan, Kendal hingga Semarang.

Meski ada gardu tol, rencananya pemudik tak dikenai biaya alias gratis. Jalan tol yang akan dilalui pemudik berupa lapisan cor dasar atau lean concrete (LC) setebal 10 centimeter. Jadi hanya kendaraan kecil yang diperbolehkan masuk jalur itu. Adapun kendaraan berat semisal truk dan bus akan dikeluarkan di Exit Toll Brebes Timur menuju pantura.

Bisa juga melewati jalur selatan. Manajer Fisik PT Pejagan Pemalang Toll Road (PPTR), Mulya Setiawan, menyebut ruas jalan tol mulai dari Brebes Timur hingga Pemalang tinggal 10 kilometer yang belum terlapisi cor dasar. Adapun lebar pengecoran diperkirakan tujuh kilometer.


Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2017/05/22/10-gardu-tiket-disiapkan-layani-pemudik-di-tol-pejagan-pemalang