Di Rest Area Sementara Km 49 Tol Bawen - Salatiga Tersedia Layanan SPBU Portable

Senin (5/6/2017), petugas lintas sektoral mulai dari PT Trans Marga Jateng (TMJ), Satlantas Polres Salatiga, Satlantas Polres Semarang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga, dan Dishub Kabupaten Semarang menyurvei ruas Tol Bawen-Salatiga sepanjang sekitar 17,6 kilometer itu.

Titik yang dicek yakni bentuk fisik tempat peristirahatan (rest area) darurat yang bakal disediakan untuk para pemudik yang melintas ruas tol tersebut, baik di saat arus mudik maupun balik Lebaran 2017. Rest area tersebut terletak di titik Km 49 Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang.

“Secara umum, rest area itu sudah 70 persen. Itu akan kami fungsikan sementara waktu sesuai pengfungsian ruas Bawen-Salatiga sebagai lokasi istirahat para pemudik. Ada beberapa fasilitas umum yang juga sedang kami siapkan,” kata Direktur Teknik dan Operasi PT TMJ Ali Zainal Abidin kepada Tribun Jateng, Senin (5/6/2017).

Bahkan, lanjutnya, termasuk juga kebutuhan krusial yang biasa diperlukan oleh pemudik, seperti ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM), maupun sarana sanitasi.

Beberapa waktu lalu, pihak PT Pertamina telah melakukan survei dan direncanakan akan memasang stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) portable.

“Infonya, bentuknya nanti seperti Pertamini berupa drum tangki dan takaran BBM. Tetapi yang disediakan hanya dua jenis yakni pertamax dan pertamina dex (sejenis solar). Selain di rest area sementara ini, juga tersedia SPBU permanen di rest area Km 22 Ungaran Kabupaten Semarang,” jelasnya.

Dia menambahkan, di rest area  juga disediakan sekitar lima toilet wanita, tiga toilet pria, dan beberapa urinoir. Lalu tersedia pula lokasi untuk masyarakat sekitar untuk mendirikan warung non permanen. Dari sisi luasan lahan, setidaknya rest area tersebut dapat menampung sekitar 150 kendaraan pemudik.

“Jika tidak ada perubahan, rest area ini akan difungsikan pada 15 Juni 2017 mendatang. Selain rest area, kami bersama pihak PT TMJ juga sedang mempersiapkan Pos Pengamanan dan Pelayanan Terpadu di Pertigaan Exit Tol Tingkir. Lahan sudah ada, tinggal tendanya,” tutur Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Tri Wahyuningsih.

Dia menambahkan, pada dasarnya pihaknya akan selalu berkoordinasi secara lintas sektoral dalam hal memperlancar arus di arus mudik maupun balik Lebaran 2017. Selain berkonsentrasi di sekitar Exit Tol Tingkir, pihaknya juga akan patroli bersama Satlantas Polres Semarang di sepanjang ruas tol 17,6 kilometer tersebut.


Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2017/06/05/di-rest-area-sementara-km-49-tol-bawen-salatiga-tersedia-layanan-spbu-portable