PT KAI Daop 4 Hapus Empat Perjalanan KA

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang menghapus empat jadwal perjalanan kereta api mulai 1 April 2017. Empat perjalanan kereta yang dihapus adalah KA Tegal Arum, KA Blora Jaya, KA Cepu Ekspress, dan KA Menoreh.

Executive Vice President Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan, penghapusan empat perjalanan kereta tersebut sudah berdasarkan evaluasi. Selain itu, seiring dengan diberlakukannya grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2017 per 1 April nanti, jumlah perjalanan kereta api juga ikut berubah.

“Untuk KA Menoreh, yang dihilangkan adalah jadwal perjalanan malam. Untuk jadwal pagi masih,” terangnya.

Sementara untuk KA Blora Jaya dan Cepu Ekspress dihilangkan karena rangkaian kereta rel diesel (KRD) yang digunakan kondisi keandalannya sudah semakin berkurang, jumlah juga terus berkurang karena sering rusak.

“Sebagai gantinya ada KA Ambarawa Ekspress rute Semarang-Surabaya. Jadi rute kita perpanjang yang semula sampai Bojonegoro sekarang sampai Surabaya. Kami juga sudah menggunakan gerbong kelas ekonomi yang baru,” papar Wiwik.

Pada Gapeka 2017, total ada 118 perjalanan kereta api di wilayah Daop 4, yang terdiri atas delapan KA argo, 12 KA eksekutif dan bisnis, 28 KA ekonomi, 14 KA lokal, dan 52 KA barang. Jumlahnya berkurang dari Gapeka 2015 yaitu 120 perjalanan.

“Yang berkurang adalah perjalanan KA ekonomi dan 6 perjalanan KA lokal. Yang bertambah ada empat perjalanan KA bisnis dan eksekutif, serta dua KA barang,” tuturnya.


Jadwal Keberangkatan

Ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan gapeka, diantaranya perubahan jumlah perjalanan KA, penyesuaian jadwal perjalanan KA jarak jauh dari dan ke Jakarta dengan kereta rel listrik (KRL) dan KA lokal.

Kemudian perubahan waktu berhenti di beberapa stasiun untuk kepentingan operasional, pengisian air di stasiun-stasiun tertentu, dan penambahan waktu tempuh untuk lebih menjamin ketepatan waktu.

Pertambahan grafik perjalanan disebabkan KA Tegal Bahari yang semula hanya empat kali perjalanan menjadi enam kali, kemudian KA Ciremai Ekspress kembali beroperasi sebanyak dua kali perjalanan.

Selain itu, penerapan Gapeka baru juga berpengaruh terhadap perubahan jadwal keberangkatan maupun kedatangan pada beberapa KA di Daop IV Semarang, yakni KA Menoreh, KA Tawang Jaya, dan KA Kaligung.

“Kami minta calon penumpang untuk mencermati jam keberangkatan kereta yang tercetak pada tiket agar tidak terlambat atau salah jadwal. Yang harus diingat, perhatikan jam keberangkatan yang tercetak pada tiket,” terangnya.


Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/pt-kai-daop-4-hapus-empat-perjalanan-ka/