PT KAI Siapkan Dua Terminal Peti Kemas

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang mengoperasionalkan dua terminal peti kemas pada April 2017, di sebelah barat Jalan Ronggowarsito dan di Stasiun Brumbung.

Selain untuk menampung angkutan barang dari Jakarta, Surabaya maupun daerah lain, terminal peti kemas tersebut nantinya terintegrasi dengan jalur KA Pelabuhan Tanjung Emas yang akan dibangun Mei 2017.

Executive Vice President Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan, selama ini angkutan barang di wilayah Daop 4 lebih banyak menerima dari daerah lain. Salah satu penyebabnya adalah belum adanya terminal peti kemas.

“Sekarang kami sedang menyiapkan dua terminal peti kemas di Brumbung dan Jalan Ronggowarsito, yang akan beroperasi April 2017,” ujarnya.

Saat ini, satu terminal peti kemas yang sudah berjalan pengoperasiannya sejak tahun lalu ada di Jalan Petek. Selain untuk peti kemas, juga untuk angkutan semen.

“Pelanggan kami masih Pertamina untuk angkutan BBM, Semen Indonesia, dan Holcim. Angkutan barangnya juga sudah mulai rutin,” tuturnya.

Sejak diberlakukannnya grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2017 per 1 April, operasional KA angkutan barang di Daop 4 bertambah, dari 50 KA penjadi 52 KA.

“Kalau dulu angkutan barang dinomorduakan, sekarang angkutan barang dengan kereta api sudah tepat waktu sesuai jadwal. Keunggulan angkutan barang dengan kereta api ini bebas macet, dan sekali angkut bisa dalam jumlah yang banyak,” terangnya.

Sementara untuk jalur KA Pelabuhan Tanjung Emas yang akan terintegrasi dengan terminal peti kemas, pekerjaan konstruksi sepanjang 2,9 kilometer akan dimulai awal Mei 2017. Pembangunan tetap akan dilakukan, meski proses hukum antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan warga Kebonharjo, Kelurahan Tanjung Emas masih berjalan.


Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/pt-kai-siapkan-dua-terminal-peti-kemas/