Songsong Libur Lebaran 2024, Pemprov Tingkatkan Pantauan di Objek Wisata

SEMARANG – Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan selama libur Lebaran 2024, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan meningkatkan pemantauan objek wisata di wilayahnya.


“(Penempatan) petugas juga dilakukan di titik-titik tertentu, termasuk di lokasi wisata,” kata Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana, di sela mendampingi Menko PMK, Menteri Perhubungan, Panglima TNI, dan Kapolri, mengecek Posko Lebaran 2024 di Gerbang Tol Kalikangkung, Rabu (3/4/2024).


Nana mengatakan, Jawa Tengah memiliki banyak destinasi wisata. Di antaranya Borobudur, Prambanan, dan beberapa destinasi wisata alam, seperti Tawangmangu, Dieng, hingga Baturaden.


“Kita sudah lakukan langkah antisipasi, untuk kesiapan tempat wisata,” ujar dia.


Ditambahkan, langkah yang dilakukan antara lain, perbaikan akses jalan ke tempat wisata, maupun rehabilitasi beberapa lokasi wisata yang mulai rusak. Bahkan, menambahkan gerai-gerai UMKM di masing-masing lokasi wisata.


“Sehingga tidak ada kesulitan bagi para pengunjung untuk mencari jajanan dan makanan. Wisata sudah kita perlebar dengan penambahan beberapa destinasi dan gerai UMKM,” beber Pj gubernur.


Menurut Nana, secara umum persiapan Jawa Tengah dalam menyambut arus mudik dan libur Lebaran 2024, sudah matang.


“Jawa Tengah sudah siap untuk menyambut masyarakat yang akan mudik. Pos pengamanan sudah disiapkan, termasuk posko terpadu, titik rawan kemacetan dan rawan kunjungan wisata,” jelasnya.


Untuk menyongsong mudik lebaran ini, tutur Nana,  juga dilakukan penempatan personel maupun patroli keliling ke tempat-tempat rawan kemacetan dan objek wisata.


Selain itu, juga dipasang 10 CCTV yang dipasang di lokasi rawan macet, kecelakaan, dan tempat wisata. Di antaranya Bawen, Bandungan, Dieng, Bayeman (Purbalingga), Lingkar Ketanggungan dan Linggapura (Brebes), exit tol fungsional Solo-Jogja, Wangon dan Buntu (Banyumas), serta Gombong (Kebumen).


Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menambahkan, untuk di Jawa Tengah ada 146 Pos Pengamanan, Pos Pelayanan, dan Pos Terpadu.


“Ada 47 pos wisata itu akan menjadi prioritas kita. Baik itu wisata air, wisata gunung, maupun wisata, yang sifatnya menjadi kunjungan seperti mal dan lainnya,” katanya.


Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyatakan, persiapan untuk tempat wisata di Jawa Tengah selama libur Lebaran 2024 sudah bagus. Namun, ia mengingatkan kepada para wisatawan, agar memilih armada yang sudah dilakukan ramp check, sehingga keamanan saat berwisata terjamin.


“Apabila menggunakan bus yang belum ramp check, maka nanti akan diminta putar balik, karena sangat berisiko,” katanya.